Senin, 08 November 2010

Membuat Judul Penelitian

Sebelum anda membuat judul penelitian, langkah petama yang anda lakukan adalah memilih peminatan riset apa yang akan anda jadikan penelitian tersebut. Pemilihan ini dilakukan sesuai dengan kemampuan dan minatan serat sumber yang tersedia. Langkah ini dilakukan agar anda termotivasi untuk menyelesaikan karya tulis, di samping itu anda tidak merasa terbebani dengan penulisannya. Motavasi penting anda peroleh, supaya lancar dalam penyelesaiannya. Banyak diskusi dengan teman, dosen pembimbing untuk menggali minatan dalam karya tulis tersebut.

Setelah merasa yakin dengan peminatan tersebut, berikutnya mencari fenomena/ masalah dalam penelitian. Identifikasi masalah dalam sebuah penelitian amat penting untuk melihat sejauh mana fenomena yang sudah ada. Dalam menemukan fenomena anda harus banyak membuka referensi dari jurnal, hasil penelitian orang lain, ataupun program pemerintah. Coba cari di berbagai jurnal, surat kabar/ majalah yang terkait dengan fenomena tersebut, langkah yang lebih mudah untuk mencari melalui mesin pencarian di internet, baik lewat google ataupun yahoo. Contoh masalah dibawah ini : angka imunisasi TT 75% di desa Anjatan, sedang target yang ingin di capai di Puskesmas tersebut adalah 85%. Penulisan masalah yang anda cari terutama pada variabel dependen. Semakin banyak mendapatkan fenomena tersebut semakin menarik penelitian itu, sehingga akan memperkaya hasanah penelitian anda. Maka untuk menemukan masalah anda banyak mengumpulkan beberapa sumber, dan ingat dalam mengumpulkan fenomena, sumber yang diperoleh di tulis/ dicatat dengan benar dan lengkap.

Setelah menemukan masalah penelitian berikutnya adalah mencari referensi sesuai dengan masalah tersebut. Referensi bisa dicari dari jurnal, buku, majalah, penelitian orang lain, juga bisa dari kontak person dengan ahli, yang penting dicatata sumber tersebut dengan lengkap. Buatlah catatan referensi secara lengkap dan tidak perlu menuliskan sesuai dengan aturan terlebih dahulu. Membuat referensi sesuai dengan aturan dari institusi (pedoman yg dibuat) sebaiknya gunakan shoftwer yang tersedia, seperti endNot. Dengan shoftwer tersebut memudahkan anda dalam menuliskan sumber atau referensi.

Kemudian setelah dipelajari referensi tersebut, usahakan untuk menyusun kerangka teori yang anda dapatkan dari berbagai referensi. Sebaiknya kerangka teori dibuat dalam bentu bagan. Bila sumber/ referensi tidak dituliskan dalam bentuk bagan dapat dimodifikasi teori tersebut oleh anda berbentuk bagan, sesuai dengan pemahaman tentang teori yang menjadikan topik penelitian. Setelah menyusun kerangka teori dalam bentuk bagan coba mendiskusikan denga teman atau pembimbing apa yang akan anda teliti, sebaiknya anda mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan sendiri untuk dijawab.

Kalau sudah yakin melakukan penelitian sesuai dengan kemampuan coba tuangkakn konsep tersebut dalam bentuk kerangka konsep. Dalam menyusun kerangka konsep yang harus diperhatikan, apakah penelitian menunjukan hubungan antar variabel, atau merupakan variabel tunggal. Pendekatan yang di pilih sebagai peneliti pemula sebaknya pendekatan penelitian kuantitaif, kecuali anda dan pembimbing anda merasa mampu, misalnya dalam penelitian keperawatan/ kebidanan jenis penelitian tindakan, study kasus, atau eviden base riset. Buatlah penelitian deskriptif sebagai peneliti pemula, yakni hanya satu variabel yang akan anda uji, atau penelitian bivariat yakni menguji dua variabel yang berbeda (dependen-independen), sesuaikan dengan kemampuan anda, dan diskusikan dengan pembimbing. Dalam penelitian deskriptif tidak mesti/ perlu membuat kerangka konsep dan hipotesa, jadi anda cukup membuat kerangka teori. Sedang bila memilih penelitian untuk menguji hubungan antara dua variabel yang berbeda maka lakukan uji hipotesa, buatlah kerangka konsep.

Ketika sudah mengikuti tahapan tersebut di atas maka anda dan pembimbing dapat menentukan judul penelitian sesuai dengan syarat. Kesulitan biasanya anda tidak mempelajari hasil penelitian orang lain, baik itu jurnal maupun penelitian yang lain, atau anda menelan mentah mentah penelitian orang untuk di copy/ jiplak, padahal anda tidak paham. Silahkan anda mencoba mudah-mudahan anda bisa.

0 komentar: